SPA Medan: Macam-macam Pelanggan dan Tata Caranya

spa medan
spa di medan

Medan sekarang memiliki banyak usaha SPA. Hal ini dapat dilihat dari halaman pencarian ada puluhan tempat penyedia layanan jasa tersebut. Dengan begitu, tidak heran jika di kota ini banyak konsumen yang ingin menikmati pelayanan dari bisnis kecantikan SPA Medan.

SPA Medan Cocok untuk Kaum Hawa

Khususnya kaum hawa sangat menyukai terapi Solus Per Aqua atau Sante Par Aqua, dimana berhubungan dengan terapi air agar tubuh menjadi relax dan segar kembali. Lantas seperti apa macam-macam pelanggan dan tata cara melakukan SPA Medan?

Pertanyaan tersebut menjadi aspek dasar dalam dunia bisnis kecantikan. Karena membangun usaha bagi pembisnis harus mempersiapkan apa yang menjadi fundamental suatu produk atau jasa dan juga untuk para pelanggan SPA.

Dengan begitu bisa mengetahui bagaimana tata cara melakukan terapi ini agar bisa memberi kepuasan serta memaksimalkan fungsi treatment ini, terutama kaum Hawa. Alasan utamanya yaitu, mereka suka dengan kulit yang cantik dan mempesona.

Macam-Macam Pelanggan

Adanya jasa SPA di Medan ini cukup menarik minat pelanggan dari segala golongan. Untuk lebih jelasnya, perhatikan ulasan berikut:

  • Pelanggan Internal

Jenis pelanggan ini akan membeli barang atau jasa untuk diperjualkan kembali kepada konsumen lain. Pelakunya dapat dari kalanan produsen maupun agen yang biasa menjual kembali suatu produk. Keuntungan yang didapatkan lebih banyak serta sifatnya tetap mengikut perusahaan.

Dengan adanya bisnis SPA di Medan yang semakin menjamur, maka keberadaan pelanggan internal juga banyak. Hal ini disebabkan karena mengikuti jumlah perusahaan kecantikan ini.

Pemilik usaha perlu memberi perlakuan khusus pada konsumen tidak langsung ini, agar jasanya diketahui banyak orang (promosi) atau lebih pada pencarian konsumen. Sebab ia memiliki kemampuan untuk membuka cabang bisnis sehingga diperlukan kerjasama yang baik dengan pemilik usaha.

  • Pelanggan Eksternal

Pelanggan ini termasuk yang mengkonsumsi secara langsung barang atau jasa yang diperjualbelikan. Dengan begitu, indikator yang paling penting adalah kepuasan konsumen sebagai titik ukur kualitas jasa yang diberikan.

Suatu perusahaan harus memiliki marketing yang bagus bisa menggunakan cara konvensional seperti penyebaran brosur atau pamflet, juga bisa memanfaatkan sosial media dan poin pelayanan berkualitas harus memenuhi lima dimensi, yakni, bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati.

Usaha SPA di Medan akan lebih mudah pemasarannya apabila pemilik usaha memiliki teknik yang digemari oleh konsumen serta pelayanan dari karyawannya bersikap sopan, sabar dan telaten. Sebab, pelangggan eksternal pada bisnis kecantikan ini pasti akan lebih banyak dari perempuan.

Karena kecantikan menurut kebanyakan kaum Hawa perlu dirawat, seperti halnya dengan menggunakan Solus Per Aqua. Dengan begitu, untuk memasukkan elemen kepuasan dari layanan ini, maka harapannya dapat menjadikan tubuh lebih relax dan kulit menjadi lebih teremajakan.

  • Pelanggan Tetap

Pelanggan jenis ini dapat disebut juga sebagai konsumen setia. Sebab, kerap kali melakukan layanan SPA dalam waktu berjangka, baik itu harian, mingguan atau bulanan. Terkadang, meraka juga akan meminta pelayanan paket khusus saat memesan.

Pelanggan semacam ini tidak akan kabur dan berpindah ke penyedia jasa lain jika Anda melakukan pelayanan yang maksimal. Sebab, mereka tahu benar jika SPA yang didapatkan sudah sesuai dengan keinginannya.

Tata Cara Melakukan SPA

Saat melakukan SPA memang harus sesuai dengan kaidah yang berlaku. Dengan begitu, hasil akan lebih maksimal dan pelanggan pun merasa puas. Umumnya, ada beberapa tahapan yang harus dilakukan seperti berikut:

Menjalani Sauna

Ada tiga tahapan saat menjalani sauna. Pertama di hari sebelum pelaksanaan konsumen diharuskan mendapatkan persetujuan dari dokter untuk melakukan sauna, hal ini untuk mengantisipasi apabila pelanggan memiliki riwayat sakit tertentu yang tidak dianjurkan untuk menjalani treatment ini.

Lalu memastikan juga hidrasi pada tubuh yang bagus, tidur teratur, konsumsi minyak sehat baik dari nabati atau hewani dan pola makan teratur. Kedua, pelaksanaan sauna berfungsi untuk membuka pori-pori kulit sehingga konsumen memasuki sauna dengan menanggalkan baju.

Setelah itu, menggunakan handuk yang disediakan serta memakai topi khusus untuk melindungi kepala agar terhindar dari panas dari air. Proses tersebut dilakukan kurang lebih selama 20 menit.

Ketiga, konsumen mandi dalam bak berisi air dingin tujuannya untuk menetralkan kondisi kulit seperti semula. Namun pada langkah ini jarang dilakukan oleh beberapa tempat SPA, dikarenakan step selanjutnya membutuhkan kondisi tubuh yang hangat.

Proses Massage

Massage atau pijat digunakan untuk melancarkan peredaran darah. Fungsi selanjutnya adalah agar pegal-pegal dan otot tegang bisa direlaksasi oleh proses ini. Dalam pelaksanaannya dapat menggunakan minyak zaitun atau racikan dari tempat SPA di Medan.

Ada beberapa tekniknya yang sering dilakukan yakni, menggosok, memijat, menggetarkan dan menggoncangkan, memukul, mengerus, menggosok melintang, menggeser lipatan, serta mengurut yang dilakukan kurang lebih selama satu sampai dua jam.

Setelah menjalani massage pelanggan akan merasakan kehangatan pada tubuh. Namun, tergantung pada teknik pijat dan seberapa parah otot dan saraf yang tegang. Hal ini sebagai penanda bahwa sirkulasi darah sudah mulai lancar kembali, dari sinilah kepuasan dari jasa SPA di Medan dapat dilihat.

Pengaplikasian Lulur

Lulur tradisional yang digunakan di tempat SPA di Medan banyak ragam dan disesuaikan dengan keinginan serta kebutuhan konsumen. Adapun jenis bahannya sebagai berikut, kunyit, bengkuang, susu, kopi, coklat, melati, kemuning, strawberry, green tea, dan coconut.

Pengaplikasiannya disesuaikan dengan tekstur agar tidak terjadi iritasi pada kulit serta reaksi dari komposisi tertentu. Lulur diusapkan pada bagian tungkai kaki, punggung, lengan, perut dan dada dengan gerakan meluncur. Selanjutnya menggunakan teknik penggosokan sesuai arah rotasi.

Setelah selesai konsumen dibersihkan dengan menggunakan washlap lembab hangat atau shower, lalu agar bersih maksimal dilakukan mandi rempah-rempah dan bunga. Terakhir tubuh konsumen diolesi dengan body lotion alami tradisional racikan dari tempat SPA Medan.

Pasca Pembersihan

Proses SPA mulai dari massage hingga pengaplikasian lulur terhitung sekitar tiga jam, sehingga pelanggan pastinya mengalami dehidrasi.

Oleh karena itu biasanya tempat SPA menyuguhkan minuman tradisional untuk memberi rasa segar pada tubuh. Jenis yang sering disediakan adalah wedang jahe, temulawak dan sinom. Untuk pelanggan yang tidak suka atau tidak terbiasa dengan minuman tradisional tersebut bisa meminta air tawar.

Mereka juga diberi saran dan nasehat terkait perawatan tubuh di rumah ,agar efek dari proses SPA bisa terjaga lebih lama dan merawat keremajaan kulit. Dengan begitu, jika akan melakukan treatment ini kembali menjadikan kualitas kulit tubuh menjadi lebih meningkat.

Dari ulasan macam-macam pelanggan dan tata cara melakukan SPA tersebut, bisa menjadi pandangan untuk calon pengusaha yang ingin membuka usaha kecantikan ini dan bagi konsumen mendapatkan wawasan seputar langkah-langkah Solus Per Aqua yang tepat dan benar.

Semakin merebaknya bisnis SPA Medan, menandakan antusias masyarakat terhadap perawatan tubuh dan kulit. Dengan begitu, dapat juga digunakan sebagai lading rejeki untuk para pelaku usaha.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *